Marvel Cinematic Universe

By Selma Garuda - June 05, 2018


Image result for marvel gif

Tbh, aku kenal MCU ini belum lama. Because i grew up with DC. But u know, they're just completing each other. And in this post i don't wanna comparing both of them. Dan mungkin karena demam Avengers : infinity war beberapa minggu yang lalu, aku menjadi berfikiran untuk membuat post tentang film-film marvel dengan urutan kronologis. And yea. Just sit back and grab ur popcorn :)

1. Captain America : The First Avenger

im just trying not to be spoiler.

Dengan latar belakang perang dunia ke-2, diceritakan Steve Rogers, pemuda berbadan kurus yang berkeinginan untuk berjuang demi negaranya. Berhasil direkrut oleh Badan Pertahanan Amerika untuk menjadi subyek tentara super. Diapun menjadi Captain America yang misinya adalah merebut Tesseract (salah satu infinity gem yang dijatuhin sama bapaknya Thor ke Bumi) dari Red Skull dan Dr. Zola (dari organisasi gelap HYDRA).

Yeah walau film ini bukanlah film pertama, namun disinilah semuanya berawal. Umm i think, i rate 9,7 for this movie out of 10. Endingnya 5G (gantung-gantung greget gimanaaa gitu) :)

2. Iron Man



Setelah Howard Stark meninggal (Salah satu anggota Badan Pertahanan Amerika), Tony Stark anaknya menggantikannya untuk menjadi bos Stark Industries. Namun rekannya sendiri di Stark Industries nyeleweng dan berkoalisi dengan teroris untuk menculik Tony. Selama di pengasingan, Tonypun membuat arc reactor dan armor (baju Iron Man). Di ending, Tony Stark mengungkapkan kepada massa bahwa ia adalah Iron Man yang sebenarnya. Dan Nick Fury dari SHIELD mengajak Tony untuk bergabung kedalam Avenger.

Film ini adalah film pertama MCU. Rilis pada tahun 2008.

3. Incredible Hulk


Karena Tentara Super yang dilakukan oleh Badan Pertahanan Amerika itu berhasil beberapa tahun lalu, seorang ilmuwan terinspirasi untuk melakukan percobaan yang sama melalui sinar gamma. Subjek percobaannya adalah dirinya sendiri (Bruce Banner). Namun bedanya, percobaan ini gagal. Sehingga ia dapat seketika berubah menjadi monster besar hijau (Hulk) jika emosinya tidak stabil. Itu membuat Hulk mengacau dan Bruce Bannerpun berhasil kabur ke Brazil karena menjadi buronan. Tony Stark mengunjungi Jendral Ross untuk mengajak Hulk bergabung kedalam Avenger.

You know, I'm willing to watch it again and again because it soo goodddd. Color gradingnya memanjakan mata banget sih ini. 9,5/10


4. Iron Man 2



Anak dari rekan Howard Stark (Vanko) iri dengan kesuksesan Tony Stark. Ia mengklaim bahwa arc reactor di dada Tony bukan murni penemuan Tony. Natasha Rumanoff (Black Widow) diutus Nick Furry untuk mengawasi Tony. Di ending, Agent Coulson (salah satu agent SHIELD) menemukan palu di New Mexico.

5. Thor



Thor (anak dari Odin) yang akan meneruskan untuk menjadi raja di Asgard. Namun dia memiliki masalah dalam mengontrol emosi sehingga sebelum ia sempat menjadi raja, bapaknya murka dan membuangnya ke bumi beserta palunya. Loki (saudara angkatnya) berusaha untuk menggantikan tahtanya. Di bumi Thor bertemu dengan Jane, dan 2 rekan kerjanya.

6. The Avengers.


Thanos mengutus Loki untuk merebut Tesseract dari SHIELD. Agar hal itu tidak terjadi, Nick Furry menjalankan proyek Avengers Assemble (penyatuan Avengers) yang terdiri dari Capt Amerika, Iron Man, Black Widow, Hulk, Hawkeye, dan Thor. Loki mengacau di New York dengan tentara Chitauri. Dan kekacauan ini disebut sebagai insiden New York.

Amazed. I'm chillin. Merindink! BUT, aku ga terlalu suka dengan perkenalan Hawkeye di film ini. I mean, of course aku suka dengan karakter Hawkeye. But kemunculannya itu a little bit annoying ketika Loki tiba tiba memanipulasi pikirannya dengan Mind Stone. How can?

7. Iron Man 3


Musuh dari masa lalu Tony datang, Mandarin. Tony masih trauma dengan insiden New York. Dan di ending, Tony membuang arc reactor di dadanya dan meminta bantuan kepada dr. Banner untuk menjadi psikiaternya dalam masa pemulihan.

8. Thor : The Dark World


Malekith berusaha untuk merebut Aether (salah satu infinity gems yang secara tidak sengaja merasuki tubuh Jane Foster) dan menghancurkan dunia.

9. Captain America : The Winter Soldier.


Steve Rogers (Captain America) bekerja sebagai lembaga spionasi SHIELD dibawah direktur Furry bersama dengan Natasha Rumanoff (Black Widow). Ternyata terdapat HYDRA sebagai musuh di dalam selimut SHIELD. Sementara disisi lain Capt Rogers menyadari bahwa Winter Soldier (tentara super hasil eksperimen dr. Zola) adalah sahabatnya sendiri, yaitu Bucky.

Rumit. But trust me, ini keren. Dan Black Widow bener bener mata mata kawakan banget deh pokoknya. Apalagi waktu dia nyamar jadi salah satu dewan pengawas SHIELD.
Oke. Mungkin kalau kamu mau tahu sinopsis lengkapnya, bisa klik disini.

10. Guardians of the Galaxy


Manusia bernama Peter Quill diculik oleh Alien saat masih kecil. Dia dibesarkan di luar angkasa dan menjadi maling handal. Dia mencuri orb namun ternyata Thanos menginginkannya juga dan mengutus Ronan untuk merebutnya. Di ending, Quill tahu bahwa ia ternyata adalah half human half alien.

Comedynya dapet banget sih parah gils. Gakeitung deh joke retjeh yang bikin w ngakak trus difilm ini. Good job Chris Pratt u're so talented. 9,6/10

11. The Avengers : Age of Ultron


Ketika Tony Stark dan dr Banner tertarik untuk mengembangkan Ultron (layaknya Jarvis) yang akan jauh lebih canggih. Tapi Ultronnya malah jahat karena salah konsep tentang 'peace' atau kedamaian.

Disini juga muncul si kembar Scarlet Witch and Quicksilver. I think, the best scenes based on me is when Quicksilver try to help Hawkeye but unfortunately, he's dead. Though Hawkeye (which is he try to help a kid too) is safe. And booommmm, Wanda Maximoff or Scarlet Witch cry out loud and her power is uncontrollable. Maybe i knoe what her feeling as we both have the same loss of our own siblings. Ok im sorry :')

12. Ant Man


Hank Pym (rekan kerja Howard dan Agent Carter) mengembangkan teknologi yang dapat memperbesar dan memperkecil benda yang berbentuk kostum. Namun kostum tersebut disembunyikan karena berbahaya jika berada pada orang yang salah. Sampai suatu hari dr Pym memperbolehkan seorang pencuri bernama Scott Lang (yang tidak berniat untuk mencuri kostum karena yang ia butuh adalah uang) karena menganggap Lang adalah orang yang cocok. Di ending, dia di cari oleh Falcon, bukan karena dia telah mencuri di markas dan harus bergulat dengan Falcon, tapi untuk bergabung ke dalam avengers.

Humornya dapet sih.

13. Captain America : Civil War


Karena banyak sekali kehancuran dan korban tak bersalah yang disebabkan oleh para hero dalam insiden lalu (Walau niatnya untuk memberantas kejahatan), para heropun dituntut untuk mempertanggungjawabkannya. Dan karena itulah terdapat perselisihan antara Stark dan Rogers terhadap pengajuan UU yang menyatakan agar para hero menunjukkan jatidirinya kepada pemerintah AS. Stark mendukung program tersebut, Rogers menolak dengan alasan itu dapat mengancam kebebasan para hero. Dari perseteruan tersebut, muncul dua kubu TeamCapt dan TeamIronMan.

I choose TeamCapt even though Spiderman is TeamIronMan. But, i can say this for this whole movie "YoU aLL is a tEam, yOu NOt suPPOse to KilLin eAch OtHer lIke tHat!"

14. Dr. Strange


Dimulai dengan Doctor Strange seorang ahli bedah yang mengalami kecelakaan tragis dan melukai tangannya. Dia berusaha untuk mencari The Ancient One di KamarTaj untuk memulihkan tangannya.

15. Guardians of the Galaxy vol 2



Guardians of the Galaxy yang harus untuk memusnahkan ancaman yang ada di berbagai galaxy. Sampai akhirnya para guardian mengetahui identitasnya masing-masing. Bahkan ketika Peter Quill mengetahui bahwa ayah kadungnya jahat dan bukan dari bumi.

16. Spiderman : Homecoming


Melanjutkan film Civil War dimana Stark mengajak Peter Parker (Pelajar berumur 15 tahun) untuk bergabung ke dalam teamnya. Mr. Stark memberinya kostum canggih yang harus digunakannya untuk berbuat kebaikan. Peter setiap hari melakukan kebaikan dengan harapan agar Mr. Stark memanggilnya kembali untuk melaksanakan misi besar seperti yang dilakukannya di Berlin. Sampai suatu hari dia menangkap penjualan barang ilegal yang dibuat dengan berbahan sisa-sisa pertarungan para avengers yang terjadi beberapa pekan lalu. Itu membuat Peter Parker ingin segera menghentikannya. Namun layaknya remaja yang biasanya tidak fikir panjang, Peter malah membuat bencana di atas kapal ferry ketika ia hendak menangkap si pelaku. Untung saja Iron Man segera mengambil alih dan mengatasinya. Itu membuat Mr.Stark marah dan mengambil kostum Spiderman kembali. Peter awalnya merasa dia bukanlah apa-apa tanpa kostumnya. Namun akhirnya ia membuktikan bahwa dia mampu menangkap pelaku dengan kekuatannya sendiri.

This is so gooood u know. And i think Tom Holland is the best spiderman. Walau semuanya sama sama bagus. But, in this movie, Tom Holland just perfect match with a teenager, a stundent, and his humor is just innocent and Wow he did his flip for real! He's handsome ofc.

17. Thor : Ragnarok


Ternyata Thor mempunyai saudara perempuan bernama Hella yang selama ini disembunyikan oleh Odin. Dan Ragnarok, cerita yang diyakini sebagai kehancuran, berada di depan mata. Thor harus melindungi Asgardian, namun ia dan Loki malah terbuang di sebuah planet bernama Sakaar. Thor diadu oleh pemimpin di planet tersebut untuk bertarung dalam sebuah gladiator. Ternyata eh ternyata, lawan Thor adalah Hulk. Dan di planet tersebut ia bertemu dengan Valkyrie dan membentuk tim Revengers bersama Loki dan Hulk untuk melawan Hella.


Banyak yang bilang kalau humornya terlalu maksa. But i think, they did it. Aku banyak ngakaknya dengan joke joke retjehnya. Apalagi backsoundnya Immigrant Song by Led Zeppelin. Booommm keren banget boo. Why they're not to try appreciate some thing?! Berusahalah untuk menghargai suatu karya, dude. I'll give 9,7/10

18. Black Panther


T'Challa akan dinobatkan sebagai raja baru Wakanda setelah ayahnya meninggal dunia. Namun seseorang dari masa lalu datang untuk merebut tahta T'Challa yang ternyata adalah sepupunya sendiri (anak dari paman T'Challa yang dibunuh oleh ayahnya). Wakanda berada dalam ancaman, T'Challapun berusaha untuk mengatasinya dengan kostum Black Panther.

19. Avengers : Infinity War


Thanos berkeinginan untuk menguasai semesta dengan cara mengumpulkan enam batu infinity yang tersebar di berbagai tempat. Awal kekjaman Thanos disaksikan oleh Thor, Hulk dan Loki. Dan setelah (maybe) Loki mati, Hulk dan Thor berniat untuk memberitahu superhero lain agar mencegah niat buruk Thanos. Karena jika Thanos sudah berhasil mendapatkan enam batu tersebut, ia akan memusnahkan separuh dari populasi bumi agar bisa membuat dunia menjadi seimbang dan sejahtera.
Hulk jatuh di kediaman dr. Strange dan Wong. Mereka lalu memberitahu Iron Man. Kekacauan bertambah ketika Spiderman ikut terbawa kapal luar angkasa Thanos.
Thor jatuh mengenai kapal Guardians of The Galaxy. Ia percaya bahwa untuk mengalahkan Thanos, ia harus memerlukan palu sakti miliknya. Kemudian ia bersama Groot dan Rocket pergi ke suatu planet untuk mendapatkan pengganti dari palunya yang hilang.
Dan broow, coba tonton sendiri aja deh. Seriously, terlalu rumit untuk dijelaskan disini.

This could be the most successful of MCU so far i think. Semua hero (except Ant Man and Hawkeye) digabung dalam satu film dengan make sense! Insane! How creative! Walau akhirnya greget aja sih ketika di ending separuh dari hero jadi debu, apalagi waktu Spiderman nangis tuh ke Mr.Stark about him who don't feel so good and give an apology. Begitupun di bumi, Agent Hill dan Nick Furry yang juga jadi debu sebelumnya ngirim sms entah ke siapa. Huwaaaaaaaa.

Yeah maybe itu adalah sinopsis singkat dan a little bit review yang bisa aku share. Kalau ada salah mohon di koreksi aja di kolom komentar. Hope u enjoy!

  • Share:

2 comments

  1. Ai udah baca post ini tadi malam, baru komen sekarang, hehe. :"D

    Hm, lagi-lagi tertarik buat nonton setelah tahu kronologisnya. Thanks for sharing, Sel! So happy to enjoy your movie-related posts! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eheheh hope u enjoy it Vira ! Maklum, anaknya emang hobi banget nonton XD

      Delete