Que Sera Sera -Lika Liku Menuju Bangku Perkuliahan-

By Selma Garuda - May 01, 2018




Izinkan aku untuk berbagi beberapa keresahan. Bukan sesuatu yang penting, namun mungkin ada beberapa hal dari post-ga-jelas ini yang dapat kamu ambil sebagai hikmah. So, kamu akan menjadi orang yang beruntung jika dapat mempelajari kesalahan oranglain. Karena kamu tidak perlu untuk mengalaminya. Cukuplah aku dan beberapa orang saja yang merasakannya.

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 17, adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh siswa kelas 12. Yap. Pengumuman SNMPTN.

Sejujurnya, aku tidak terlalu pede. Bahkan aku sering meyakinkan sendiri untuk tidak berharap.

Rasanya aku memang tidak tahu diri. Menginginkan sesuatu yang tinggi, padahal nilaiku sendiri tidak setinggi ekspektasiku.

Awalnya aku bimbang. Apakah aku harus menuruti keinginanku, atau aku harus realistis terhadap hasil yang telah aku capai? Mungkin terdengar lebay. Tapi jujur saja, saat itu aku sebingung itu. Karena aku memang anak yang biasa-biasa saja di sekolah. Tidak terlalu pintar, apalagi rajin. Sampai-sampai, aku mendaftar SNpun mepet banget dengan deadline penutupan.

"Tapi sel, apa salahnya untuk mencoba?"

Akhirnya seseorang menyelutuk. Yang lama-lama berubah menjadi doktrin untuk diriku.

Benar juga, apa salahnya untuk mencoba? Toh masih ada jalur lainnya bukan?

Dan yap, akhirnya aku mengambil keputusan.

Bismillah, aku menuruti keinginanku.

Jam 12 malam tepatnya. Dengan hati yang gembira, aku menutup laptopku.
Mungkin memang ada sedikit kekhawatiran. Namun entah kenapa, rasanya senang saja, lega.

Tanggal 17 April lalu, Jam 18.00,

notif whatsappku serasa jebol. Grup grup ramai dengan ucapan selamat.

..Namun bukan untukku.

Disisi lain, di kos, aku sedang tergesa-gesa mencari kartu pendaftaran yang entah dimana. Lalu kemudian sadar bahwa aku mempunyai softfilenya, dan bergegas untuk membuka pengumuman. Awalnya aku harap harap cemas, namun akhirnya..



Tidak heran juga sih.

Sama seperti dugaan.

Saat itu aku benar-benar tidak ingin menangis.
Tapi aku tidak tahu bagaimana cara untuk menghentikannya.

Aku malu jika kamar sebelah mendengarnya.

Aku juga tidak mau jika ibu kosku tahu bahwa aku telah gagal di jalur ini. Ibu kosku baik, aku takut mengecewakannya.

Kemudian dengan hati yang sok tegar. Aku memberanikan diri untuk membuka whatsapp dan mengumumkannya kepada teman-teman.

Belum rezekinya gaes

Dan aku bersyukur karena aku tidak sendiri.

Ada mereka,

[18:20 17/04/2018] ais: He gmn berhentiin nangis
[18:32 17/04/2018] Selma Garuda: Istighfar is
[18:33 17/04/2018] Selma Garuda: Yang kaya gitu ga cuma kamu
[18:33 17/04/2018] Selma Garuda: Allah tau yang terbaik
[18:33 17/04/2018] ais: Udah drtd
[18:39 17/04/2018] ais: Helah nyg nangis maning
[18:39 17/04/2018] ais: Payah bgt sih nyg
[18:39 17/04/2018] ais: Piwe si kie lah
[18:40 17/04/2018] Selma Garuda: Istighfar yang banyakkkk
[18:40 17/04/2018] Selma Garuda: Kramas
[18:40 17/04/2018] ais: Udah mandi dua kali
[8:01 18/04/2018] ais: Ihhhh ga bisa mandeg
[8:05 18/04/2018] ais: Padahal ya aku udah nebak malah kenapa ttp senyesek ini ya sel
[8:06 18/04/2018] Selma Garuda: Iya bener
[9:36 18/04/2018] Selma Garuda: Semangat yuh lah
[9:36 18/04/2018] Selma Garuda: Buktiin
[9:36 18/04/2018] Selma Garuda: Kita bisa
[9:39 18/04/2018] ais: Iyadonggggggggggg
[9:39 18/04/2018] ais: Kita pasti bisaaaaaaaaaaaaaaaaaa

[19:39 17/04/2018] Selma Garuda: Kar aku pusing koh
[19:40 17/04/2018] Sekar: Nangpa
[19:40 17/04/2018] Sekar: Adus keramas
[19:40 17/04/2018] Sekar: Udu jodoeh selπŸ˜…
[19:42 17/04/2018] Sekar: Bissmillah sbm dong
[19:42 17/04/2018] Sekar: Aja pesimis
[19:42 17/04/2018] Sekar: Sing gagal jga udu koe tok
[19:42 17/04/2018] Sekar: Esih ana cara liane koook
[19:42 17/04/2018] Selma Garuda: Sesakit ini
[19:42 17/04/2018] Selma Garuda: Astaghfirullah
[19:42 17/04/2018] Selma Garuda: Bismillahh
[19:42 17/04/2018] Sekar: Siki lara disit ngsk sbm seneng kookkkk
[19:42 17/04/2018] Sekar: Aamiin
[19:43 17/04/2018] Sekar: Aamiin
[19:43 17/04/2018] Sekar: Aamiin
[19:43 17/04/2018] Sekar: Aamiin
[19:43 17/04/2018] Sekar: Aamiin
[19:43 17/04/2018] Selma Garuda: Aamiiin
[19:43 17/04/2018] Selma Garuda: Aamiiin
[19:44 17/04/2018] Selma Garuda: Aamiiiiiiiiiinnnnnn ya Allahhh
[19:45 17/04/2018] Sekar: Sing penting usaha karo doa sing ditajemna
[19:45 17/04/2018] Sekar: Sinau bareng yuh????
[19:45 17/04/2018] Sekar: Wis jarang sekolah kan siki
[19:45 17/04/2018] Sekar: Ddi akeh waktu
[19:45 17/04/2018] Sekar: Yuh sel
[19:45 17/04/2018] Sekar: Pengin ngerasakna sing lagi dirasakna wong2 sing lolos snm sikii
[19:46 17/04/2018] Sekar: Wkwk

[17:39 17/04/2018] eky: selamat sel
[17:41 17/04/2018] Selma Garuda: Aku belum buka
[17:44 17/04/2018] eky: wis ?
[17:47 17/04/2018] Selma Garuda: Belum
[17:52 17/04/2018] eky: selamat sel
[18:02 17/04/2018] eky: selamat
[18:04 17/04/2018] Selma Garuda: Ek aku nangis ek
[18:04 17/04/2018] eky: aku udh tadi :v
[18:06 17/04/2018] eky: sabar lah sel
[18:06 17/04/2018] eky: aku udh tenang
[18:06 17/04/2018] eky: :v
[18:06 17/04/2018] eky: yuk sbm
[18:07 17/04/2018] eky: istighfar
[18:09 17/04/2018] Selma Garuda: Iyap

[18:57 17/04/2018] Tika: Sel pejuang sbm ya
[19:04 17/04/2018] Selma Garuda: Iya tikkk
[19:04 17/04/2018] Tika: Gapap sel. aku juga:')
[20:27 17/04/2018] Tika: Semangat

[18:11 17/04/2018] manti: Sel, ayoo bismillah kita berjuang. Mungkin rejeki kita bukan di snm:))
[18:14 17/04/2018] Selma Garuda: Ayo mannn, semangat mantii
[18:15 17/04/2018] manti: Bismillah:)) kita berarti diberi kesempatannya buat di tulis
[18:32 17/04/2018] Selma Garuda: Iya man, bismillahhh
[18:57 17/04/2018] manti: Allah ngasih kita kelebihan yaitu kekuatan sel:)) brrti kita disuruh buat berjuang lagii
[18:58 17/04/2018] Selma Garuda: Iya man, bismillah
[18:58 17/04/2018] Selma Garuda: Allah tahu yang terbaik
[19:11 17/04/2018] manti: Kamuu masiih sedih ga sih sel?
[19:11 17/04/2018] manti: Kok aku iya yaa
[19:11 17/04/2018] Selma Garuda: Senyum man, tulih ngurang
[19:11 17/04/2018] Selma Garuda: πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚
[19:11 17/04/2018] manti: Iyaaa udahh
[19:11 17/04/2018] Selma Garuda: πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
[19:11 17/04/2018] manti: Ngurang nihh😊😊😊😊😊😊
[19:11 17/04/2018] manti: Senyum semangatttπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜ŠπŸ˜Š
[19:12 17/04/2018] Selma Garuda: ☺☺☺☺☺☺☺☺

[17:58 17/04/2018] Selma Garuda: Aku belum rejekinya gaes :)
[17:59 17/04/2018] Icha: Semangattt gengs
[17:59 17/04/2018] oca: Gapapa sel, aku juga belum kan
[18:00 17/04/2018] Selma Garuda: Semangat sbm gaesss
[18:00 17/04/2018] oca: Udah dikasih rencana yg baik kok
[18:00 17/04/2018] ais: Aku mau mantepin pilihan jg
[18:00 17/04/2018] ais: Dan mantepin persiapan
[18:01 17/04/2018] ais: Aku jg nangis wkwk
[18:01 17/04/2018] ais: Anu udh drtd karna ribut sm mamaku dan ga jd ngecamp
[18:01 17/04/2018] ais: Eh ditambah ini
[18:02 17/04/2018] Selma Garuda: Astaghfirullahh
[18:03 17/04/2018] oca: Sabar aja gaesss, inget tawakal
[18:03 17/04/2018] oca: Harus percaya apapun hasilnya itu yg paling baik
[18:03 17/04/2018] ais: Aku udh dr sebelum pencet udah ngalir eh pas liat ga lolos malah mandeg
[18:03 17/04/2018] ais: Pas liat grup snm baru nangis lg
[18:04 17/04/2018] oca: Banggain bisa dengan cara lain
[18:04 17/04/2018] Selma Garuda: Ya Tuhann
[18:06 17/04/2018] oca: Ya intinya tawakal aja, aja kakehen dipikir mbok kentir

[17:58 17/04/2018] Selma Garuda: Aku belum rejekinya gaes :)
[17:58 17/04/2018] Salsa: Alloh pnya rencana lebih baik sel, bismillah semangat SBM!!!!!
[17:59 17/04/2018] Selma Garuda: Kamu lolos saa?
[18:00 17/04/2018] Salsa: Engga wkwk
[18:00 17/04/2018] Dina: Yakinlah Allah lg menyiapkan yg terbaik gaes
[18:00 17/04/2018] Dina: Semangat!!!
[18:00 17/04/2018] Salsa: Semangaattt
[18:02 17/04/2018] Selma Garuda: Semangat gaesss
[18:06 17/04/2018] Thia: Semangat semuaaaπŸ’˜πŸ’˜
[18:06 17/04/2018] Dina: Km gmn ti?
[18:06 17/04/2018] Dina: Mbus?
[18:06 17/04/2018] Thia: Engga dinaaa
[18:07 17/04/2018] Selma Garuda: Ya Allah aku nangis
[18:07 17/04/2018] Thia: Sing tenang sell
[18:07 17/04/2018] Thia: Why u cryin'
[18:08 17/04/2018] Dina: Aku ngga:(
[18:08 17/04/2018] Thia: Lembo
[18:08 17/04/2018] Dina: Beneran
[18:08 17/04/2018] Selma Garuda: Semangat gaesss
[18:08 17/04/2018] Selma Garuda: ❤
[18:09 17/04/2018] Thia: Gapapa semangat semangat
[18:09 17/04/2018] Thia: Anggep aja kita itu ngasih tempat buat orang lain yg lebih beruntung🀭
[18:09 17/04/2018] Thia: Emang iye
[18:13 17/04/2018] Salsa: Bismillahhh yakin yakin bisa sbm
[18:13 17/04/2018] Salsa: Lolos

[17:58 17/04/2018] Selma Garuda: Aku belum rejekinya gaes :)
[17:58 17/04/2018] temmy: Ihhh yakin?
[17:58 17/04/2018] celin: Selamat sel
[17:58 17/04/2018] celin: Gapapa semangatt sbm sel
[17:58 17/04/2018] temmy: Semangat sel
[17:58 17/04/2018] Selma Garuda: Siapp
[17:58 17/04/2018] Selma Garuda: Selamat tem semangat cel
[18:00 17/04/2018] Jakol: Semangat sel, pejuang sbm semuanya semangatt!
[18:01 17/04/2018] Ahda: SEMANGATTT
[18:02 17/04/2018] Selma Garuda: Semangat semuaa
[18:06 17/04/2018] manti: Yuh sbm semangattt
[18:06 17/04/2018] ilma: Semangat semuaa❣
[18:06 17/04/2018] eky: kuuuy
[18:06 17/04/2018] Selma Garuda: ❤
[18:10 17/04/2018] esel: Selamat selamat
[18:10 17/04/2018] Manda: Semangat♥♥
[18:12 17/04/2018] novi: Semangattt semuaa
[18:17 17/04/2018] Tama: Selamat yang ketrima yang lain semangat termasuk saya

Dan selamat buat teman teman yang udah lolos

[19:00 17/04/2018] dinda: Semangat selmaa, Allah udah nyiapin yang lebih baikπŸ‘πŸΌπŸ’ͺ
[19:01 17/04/2018] Selma Garuda: Siap dinnn, selamat dindaa

[18:06 17/04/2018] Melin: Pikoooo
[18:07 17/04/2018] Selma Garuda: Melinnn selamattt
[18:08 17/04/2018] Melin: Hihi, Selma gimanaaaaaaa?
[18:08 17/04/2018] Selma Garuda: Belum rejekinya melinn
[18:08 17/04/2018] Melin: Mm, nggapapaaaaπŸ€—
[18:09 17/04/2018] Melin: Semangattt SBMPTN❣❣
[18:09 17/04/2018] Melin: Aku yakin kamu bisaaa tembusss😬😬
[18:09 17/04/2018] Melin: UGM Kannnnn? semangatttt
[18:09 17/04/2018] Selma Garuda: Siappp
[18:10 17/04/2018] Melin: Heeee kok nangissss?
[18:10 17/04/2018] Melin: Hiii jangan nangissss SelmaaaaπŸ€—πŸ€—
[18:10 17/04/2018] Melin: Ayoooo
[18:11 17/04/2018] Melin: Aku percaya kemampuanmuuuu😬
[18:11 17/04/2018] Melin: Berarti emang kamu disuruh nunjukkin kemampuanmu lewat sbmptn:D
[18:11 17/04/2018] Melin: Usahamu pasti berhasillll❤
[18:14 17/04/2018] Selma Garuda: Aamiin, semangat linnnn
[18:18 17/04/2018] Melin: Semangat juga Pikoooo❣
[18:32 17/04/2018] Selma Garuda: Siappp
[18:55 17/04/2018] Melin: Jangan nangis lagiiiiiii
[18:55 17/04/2018] Melin: JANGAN NANGIS LAGI
[18:55 17/04/2018] Melin: JANGAN NANGIS LAGIIIII
[18:55 17/04/2018] Melin: ❤❤
[18:55 17/04/2018] Melin: πŸ€—πŸ€—
[18:55 17/04/2018] Melin: πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ˜¬
[19:01 17/04/2018] Selma Garuda: SIAAPPPPπŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻

[17:58 17/04/2018] temmy: Pejuang soshum semangat ya
[17:58 17/04/2018] temmy: Tawakal
[17:59 17/04/2018] temmy: Aku bukan pejuang soshum lagi
[17:59 17/04/2018] Selma Garuda: Selamat temmm
[17:59 17/04/2018] temmy: Makasihh yaaa
[18:55 17/04/2018] temmy: Inget kalo aku dah sukses
Aku bakal presentasi didepan ayahmu
[19:03 17/04/2018] Selma Garuda: Aamiinnnn suksesss
[19:03 17/04/2018] Selma Garuda: Kalo kamu dah sukses kamu presentasi di perusahaan google tem
[19:10 17/04/2018] temmy: AnjayπŸ˜‚
[19:10 17/04/2018] temmy: Sukses sel
[19:10 17/04/2018] temmy: Aku ga bakal lupa kamu
[19:12 17/04/2018] Selma Garuda: Siapp, aku juga tem
[9:27 19/04/2018] temmy: Lanjutkan perjuanganmu pejuang
[9:33 19/04/2018] temmy: πŸ’ͺ🏻

[17:56 17/04/2018] Gembus: Lolos tak?
[17:59 17/04/2018] Selma Garuda: Engga :')
[18:09 17/04/2018] Gembus: Jangan nangis sel
[18:09 17/04/2018] Gembus: Semangatt sel
[20:31 17/04/2018] Selma Garuda: Lolos mbus?
[20:33 17/04/2018] Gembus: Iya, aku untidar manajemen
[20:44 17/04/2018] Gembus: Kamu semangattttt sbm ya
[20:45 17/04/2018] Selma Garuda: Iya mbuss

Dan keluarga..

[19:14 17/04/2018] Mba Wardah: Semangaaat selmaaaaπŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻
[20:03 17/04/2018] Mba Wardah: Tetep semangat,  sabar yaakk...  Sbm ada. Dimantepin usaha sama doanya sellπŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻
[20:09 17/04/2018] Selma Garuda: Siap mbaa

[18:48 17/04/2018] AAMama: gak apa apa Sel
[18:49 17/04/2018] AAMama: yg terbaik bagi Allah kadang belum tentu bagi manusia
[18:49 17/04/2018] Selma Garuda: Maaf ya ma😭😭😭
[18:49 17/04/2018] AAMama: perjalanan manusia memang penuh liku
[18:50 17/04/2018] AAMama: rahasia Allah
[18:50 17/04/2018] AAMama: 😘😘😘😘😘😘😍😍😍😍
[18:50 17/04/2018] AAMama: apa hidup hanya soal test 😁😁😁😁
[18:50 17/04/2018] AAMama: ya beginilah hidup Sel
[18:51 17/04/2018] AAMama: tetap sabar dalam kondisi apapun

[18:59 17/04/2018] Mbak Ulfah: Knp sel
[19:14 17/04/2018] Selma Garuda: Aku ga lolos snm mba
[19:14 17/04/2018] Mbak Ulfah: Snm itu apa sel
[19:14 17/04/2018] Mbak Ulfah: Kok  bsa sel
[19:15 17/04/2018] Mbak Ulfah: Selma
[19:15 17/04/2018] Mbak Ulfah: Gak boleh gitu lah
[19:15 17/04/2018] Mbak Ulfah: Mbak ulfah tlp y sel
[19:16 17/04/2018] Mbak Ulfah: Dengerin mbak ulfah aja gak usah semaur
[19:23 17/04/2018] Mbak Ulfah: Semangat ya sel
[19:23 17/04/2018] Mbak Ulfah: Banyak jalan menuju roma
[19:23 17/04/2018] Mbak Ulfah: 😊
[19:57 17/04/2018] Selma Garuda: Iya mba



Masih banyak orang baik lainnya, tapi aku tidak bisa untuk mencopy semua, karena nanti kamu bakal bosan bacanya. Iya kan?

Aku memang orang yang kurang bisa mengekspresikan perasaan dari raut wajah. Sehingga mereka tidak tahu, bahwa nyatanya, aku benar-benar bahagia telah dipertemukan dengan mereka semua.

Dan aku benar-benar bersyukur karena aku mempunyai Tuhan.

Allah itu super duper baik. Mahabaik.

Tidak lolos di SNMPTN, atau kegagalan lainnya yang sudah aku dapati selama ini memanglah salahku.
Namun betapa baiknya Allah, yang dengan segera menghapus segala kesedihanku. Dengan hal hal yang sederhana.

Besoknya. Tepat tanggal 18 April pagi. Orangtuaku diundang untuk menghadiri Jakarta International Jewellery Fair 2018 di JCC. Dan kami berangkat bersama rombongan menaiki kereta.

Dan see? Pemandangannya bagus bangetttt. Saking bagusnya, aku sampai tidak sempat untuk mengabadikan seutuhnya.

Aku cuma mengambil 1 gambar saja.


Dan percayalah, yang asli jauh lebih bagus 100000000x lipatnya dibanding foto absurd itu.
Benar. Aku tidak bohong.
Walau aku melihatnya dengan mata bendul akibat menangis semalaman.

Aku duduk disamping Bapak.
Bapak kemarin tidak terlalu menggubris permintaan maafku di grup keluarga. Bahkan ia sama sekali tidak membalas. Cuma di read doang. Karena memang begitulah ia. Nyatanya, ia malah menjadi salah satu obat hati yang paling manjur. Selama perjalanan, ia tidak henti-hentinya untuk membesarkan hatiku kembali dengan kalimat-kalimatnya yang sederhana.

"Kamu gagal itu, bukan karena kamu bodoh, inget"

"Sukses bukan didapat dengan satu cara saja, buanyak jalur lain yang belum kamu coba"

"Kecewa boleh, tapi jangan berlarut, ga ada gunanya"

And he's just like my superhero.

Perjalanan ini membuatku berfikir, membuatku berevaluasi, bahwa kecewaku ini adalah karena aku terlalu ambis.

Mulai saat ini,

Aku berusaha untuk,
Menyerahkan seluruh diriku kepada Tuhan dengan usaha yang tidak pernah putus. Karena segalanya sudah jadi ketentuan Allah. Sudah dipertimbangkan, dicatat sedemikian rupa dengan cara dan hasil yang terbaik oleh Allah.

Seperti yang sudah Bapak bilang, kecewa itu boleh, kecewa itu normal. Karena Allah memang memberikan kita nikmat tertawa dan menangis, namun jangan berlarut, karena Allah berjanji 2 x didalam surat An-Nasr:


فَΨ₯ِΩ†َّ Ω…َΨΉَ Ψ§Ω„ْΨΉُΨ³ْΨ±ِ يُΨ³ْΨ±ًΨ§
"Karena sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan,"
Ψ₯ِΩ†َّ Ω…َΨΉَ Ψ§Ω„ْΨΉُΨ³ْΨ±ِ يُΨ³ْΨ±ًΨ§
"Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan." 
Kecewa itu datangnya dari manusia. Dan aku yakin bahwa Allah tidak akan pernah mengecewakan kita.
Apapun hasilnya, apapun yang terjadi, aku akan menerimanya dengan lapang, aku ikhlas, karena akupun sudah melakukan yang terbaik.

Que Sera Sera
Whatever will be will be
The futures not our to see
Que Sera Sera
What will be will be

Masa depan adalah urusan Tuhan. Yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah berusaha sekeras mungkin.

Itulah definisi tawakal yang sebenarnya.

Image result for barangkali sesuatu ditunda karena hendak disempurnakan

Hasbunallah.

  • Share:

4 comments

  1. Semangat, Selma! >v< Banyakin usaha dan doa ya. Kecewa/nangis boleh, nyerah jangan. :")

    Btw, kita setingkat ya. >v< Salam kenal, aku Vira/Ai/Vi, terserah mau manggil apa. :"D Alhamdulillah, lolos jalur SPAN-PTKIN.

    Selma juga ikut, nggak, jalur SPAN-PTKIN?? 'v')/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaw selamat Viraa. Engga nii, aku pejuang sbm sama um ajaa :)
      Salamkenaal

      Delete
  2. Demi apa baru baca!!!!!! Tanggung jawab aku nangis wkwkwkk!!!! Semangat nunggu sbm!!!!! Siapin diri apapun yg terjadi!!!! Allah love us!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. U too is <3 la tahzan innallaha ma'ana
      Don't be sad Allah is with us!

      Delete